Perkembangan Sistem Operasi Mobile iOS


Gambar iOS.Jpg

Perkembangan iOS
iOS singkatan dari (iPhone Operasi System) sebuah sistem operasi yang dibuat dan diluncurkan oleh Apple untuk perangkat seluler/Smartphone buatan Apple Inc. dikarenakan pada awal nya iOS hanya diperuntukan hanya untuk perangkat Smartphone iPhone saja, namun semakin berjalannya waktu iOS pun berkembang dan hadir pada perangkat iPod Touch,iPad dan Apple Tv.
Pertama kali diperkenalkan pada dunia pada tanggal 7 Januari 2007, dan tidak lama kemudian iOS dirilis pada perangkat iPhone yang dapat langsung dinikmati oleh para pembeli, dan tidak lama kemudian iOS dirilis pada perangkat iPod Touch, iPad dan Apple Tv.
Versi-versi Ios

- iOS 1.0
Pertama iOS bukan muncul dengan nama iOS 1 tetapi dengan nama iPhone OS pada tahun 2007 ketika apple meluncurkan ponsel full display yang sangat terkenal dan legendaris dan bisa merubah dunia ponsel pintar yaitu iPhone. Kehadirannya yaitu dapat merubah sejarah dan salah satu pioneer smartphone tanpa tombol fisik, setelah kemunculannya banyak sekali ponsel yang meniru gaya dan desain yang sama.

- Versi 2.0
Pada versi ini terjadi perubahan besar di iOS history yang diperkenalkan pada iOS 2.0, yaitu dukungan untuk aplikasi pihak ketiga, yang juga menandai titik balik untuk iPhone sebagai perangkat pasar massal. Meskipun SDK diumumkan pada bulan September tahun 2007, dan dirilis ke developer pada Maret 2008, namun orang-orang benar-benar dapat merasakan kenikmatan App Store ketika iPhone 3G diluncurkan pada Juli 2008. App Store adalah penambahan terbesar pada saat itu. 

- Versi 3.0
Banyak dan banyak fitur kecil yang disematkan untuk membuat pengal aman mengeksplorasi iPhone menjadi lebih menyenangkan pada i Phone 3GS yang mengusung iPhone OS generasi keti ga. Tampilan pada perangkat ini lebih halus dan intuitif . Para pengguna akan mendapatkan push notifications untuk aplikasi pihak ketiga, parental controls, tap to focus pada kamera, pencari an universal dengan sorotan, dan cut, copy, paste untuk perangkat l ayar sentuh. Ada juga pilihan untuk membel i film, acara TV, dan buku langsung dari i Tunes pada i Phone atau i Pod Touch.

- Versi 4.0                                                    
 Perubahan ini dilakukan pada tanggal 7 Juni 2010, ketika OS iPhone diubah menjadi sistem iOS. Rilis besar pertama dari sistem operasi yang akan diberi nama ini disebut sebagai iOS 4 yang dirilis pada 21 Juni 2010. Sebelum ini, "iOS" merek dagang yang dimiliki oleh Cisco - dan Apple membayar untuk lisensi untuk sendiri menggunakan. Dukungan untuk perangkat iPhone dan iPod Touch asli sekarang turun.                                                                      

- Versi 5.0
Siri, wireless sync, dan iCloud Platform iOS 5 dan iPhone 4S adalah rilis penting untuk Apple, sementara Android telah membuat keuntungan yang serius di pasar smartphone. Ada banyak fitur yang ditawarkan oleh Apple dari perangkatnya ini untuk menarik fungsionalitas yang besar yang terinspirasi oleh pesaing utamanya. Notifications Center dirombak besar- besaran, aplikasi iMessage, aktivasi nirkabel, sinkronisasi iTunes melalui Wi-Fi, dan update over-the- air. Perubahan terbesar yang mengubah penggunaan smartphone adalah Siri, asisten suara pribadi yang mampu mengubah dunia smartphone menjadi lebih menarik.

- Versi 6.0
Versi keenam iOS yang dirilis pada tahun 2012 cukup membawa masalah. Masalah yang cukup serius adalah tidak didukungnya GoogleMaps, aplikasi peta terkenal yang banyak digunakan.
Sistem operasi ini seperti biasanya memperkenalkan beberapa perbaikan dan beberapa fitur baru, tetapi berita besar dari smua ini adalah Apple Maps dan didepaknya Google Maps sebagai layanan yang navigasi default dn Youtube. Mungkin agak ambisius, dan berbagai kekurangan dan eksalahan pada Apple Maps, emndorong permintaan maaf dari CEO, Tim Cook, namun tidak semuanya bermasalah, iOS 6.0 membawa perangkat tambahan untuk Siri dan Notification Center, bersama dengan facetime melalui selular, integrasi Facebook, dan metode pembayaran terbaru menggunakan Passbook.
        iOS 6 yang mempunyai semboyan “The World’s most advanced mobile operating system” ini kabarnya melakukan lebih dari 200 perubahan dari iOS versi sebelumnya. Angka yang demikian besar tersebut kemungkinan termasuk juga perubahan yang amat sangat kecil. Tapi ada beberapa perubahan yang signifikan yg dilakukan Apple di iOS 6 ini. Perubahan inilah yang merupakan kelebihan iOS 6 Apple iPhone, iPod, iPad dengan penambahan fitur yang sangat menonjol seperti Facebook integration, VIP Inbox Mail, Peningkatan Kemampuan Siri, Do Not Distrub, Face Time, Passbook.

- Versi 7.0
IOS 7 Versi ini adalah merupakan versi yang baru. Banyak fitur baru yang ditawarkan serat mengalami perubahan yang drastis. Mengalami peningkatan dengan adanya aplikasi yang dapat berjalan di background dan multitasking yang lebih pintar serta dilengkapi dengan siri yang lebih baik.

- Versi 8.0
Diperkenalkan tahun 2014, iOS 8 membawa aplikasi bernama Health. Pada sistem operasi ini juga terdapat peningkatan fitur pada foto, dukungan iCloud Drive, fitur berbagi konten untuk keluarga, aktivasi Siri lewat suara, serta pengetikan yang lebih cepat lewat Quicktype.

- Versi 9.0

iOS 9 yang dirilis pada tahun 2015 menghadirkan perubahan yang sangat-sangat memukau, ukuran OS iOS 9 lebih kecil dibandingkan dengan iOS versi sebelumnya yang membuat tidak terlalu banyaknya Memory Space yang digunakan untuk Operating System sehingga anda dapat menggunakan memory dengan lebih leluasa, iOS 9 juga lebih irit battrey dibandingkan dengan iOS sebelumnya.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda Pengunjung ke-

Like This Fanspage

Video

Postingan Populer

Kata kunci yang dicari